Agen CINTA dan DAMAI

Kita berusaha sebisa yang kita lakukan, Allah Ta'ala yang menilai dan menghargai dengan Karunia dan Ridho-Nya

 
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu
Kulo Nuwun...Sugeng Rawuh
Jam
Buku Tamu

ShoutMix chat widget
Kalender

Free Blog Content

Histats
Live Traffic
Kopi Enak Tenan
Oktober 11, 2009

Dua penelitian lagi membuktikan konsumsi kopi bisa membantu mencegah penyakit Alzeimer. Para peneliti dari Florida menemukan dosis harian kopi sebanyak 500 miligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi bisa memperbaiki kondisi tikus biakan pengidap semacam gejala Alzeimer.


Setelah dua bulan penelitian, terbukti tikus-tikus itu memiliki kondisi otak yang sama dengan tikus seumur yang normal. Penelitian ini akan dipublikasikan di edisi online Journal of Alzheimer’s Disease bulan Juli. Penelitian ini juga menemukan bahwa kafein mengurangi sampai separuh dari kelebihan kadar beta amyloid di otak dan darah. Beta amyloid adalah protein yang berhubungan dengan sejenis plak yang ditemukan pada tubuh manusia pengidap Alzeimer.

“Penelitian ini memberikan bukti bahwa kafein bisa menjadi terapi untuk penanganan Alzeimer, bukan sekadar strategi perlindungan sederhana,” kata Gary Arendash peneliti utama dan ahli saraf dari University of South Florida. “ Ini penting karena kafein obat yang aman untuk sebagian besar orang, dengan mudah masuk ke otak, dan tampaknya secara langsung mempengaruhi penyakit.”

Penelitian lain beberapa waktu lalu di Florida Alzheimer’s Disease Research Center di Tampa, ditemukan kafein di usia awal dewasa bisa mencegah masalah memori pada tikus percobaan. Sangat mungkin terjadi karena kafein bisa meredakan radang otak yang disebabkan oleh peningkatan kadar beta amyloid.

Tak diketahui apakan dosis kafein dalam sehari yang lebih kecil bisa menghasilkan efek menguntungkan pada tikus-tikus Alzeimer. Tapi dalam beberapa penelitian lain, para peneliti tak menemukan kafein bisa memperbaiki kualitas memori pada tikus normal seperti pada tikus Alzeimer.

Di pusat penelitian tersebut juga ditemukan kafein mengurangi kadar beta amyloid pada orang tua tanpa demensia, secepat yang bisa terjadi pada tikus-tikus biakan dengan gejala Alzeimer. “Penelitian akan apakah kafein juga bisa menolong orang dengan masalah kognitif ringan atau penyakit Alzeimer awal tampaknya akan segera menyusul,” kata Huntington Potter, peneliti sekaligus direktur Florida Alzheimer’s Disease Research Center.

Namun meski menkonsumsi 500 miligram kafein sehari tak akan berbahaya untuk sebagian besar orang, Arendash mengingatkan pengidap tekanan darah tinggi atau wanita hamil harus membatasi kafein.

Label:

posted by Ahsan Anang @ 22.45.00  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Dataku

Name: Ahsan Anang
Home: Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia
About Me: Assalamu'alaikum...Kami hanya ingin menyampaikan dan berbagi melalui sarana ini, Semoga kita bisa saling memberikan manfaat! Jangan hiraukan darimanapun asal info yang ada di blog ini! Kita perlu membuka otak seluas-luasnya dengan filter iman di jiwa dan kendali pikiran di raga. Kami mengajak kepada umat manusia dari golongan apapun untuk mencintai perilaku yang islami dan damai sesuai kehendak Allah dan Rasul-Nya. Wassalamu'alaikum...
See my complete profile
Daftar Isi
Archives
Links
  • Blogger

  • Google

  • Finalsense

  • Lihat Links blog ini melalui blog: Master Islam Indah

  • Bebas Pikiran Blog Tempat paling oke untuk para blogger sejati KERIS JAWA

    © 2009 Agen CINTA dan DAMAI Blogger Templates by Jawa Muslim and E-mail
    Jazakumullah Ahsanal Jaza
    Matursembahnuwun...Terimakasih